JAKARTA | Informasi TV  – Selasa (22/08/2023). Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN yang diselenggarakan di Jakarta, Indonesia sebentar lagi akan dimulai. Masyarakat Indonesia khusus nya kota Jakarta sangat antusias menyambut pagelaran akbar tersebut.

Salah satu persiapan yang dilakukan oleh pihak pemerintah Indonesia dalam menyambut KTT ASEAN 2023 tersebut adalah dengan diadakan acara pembuka ASEAN Fest 2023, yang diselenggarakan dari tanggal 22 sampai dengan 25 Agustus 2023, bertempat di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Acara terselenggara atas kerjasama Bank Indonesia dengan ASEAN Indonesia 2023.Beberapa agenda dalam acara tersebut antara lain simposium, festival pengenalan budaya negara-negara anggota ASEAN serta games-games menarik lainnya di setiap both yang ada di ASEAN Fest 2023.

Di hari pertama atau pembukaan ASEAN Fest 2023, hadir Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung, yang mengemukakan mengenai inklusi keuangan digital yang sudah dilakukan di Indonesia. “Indonesia telah menerapkan inklusi keuangan digital yang juga dapat membantu berbagai aspek kegiatan ekonomi, salah satunya program UMKM. Kita memperkenalkan Sistem Informasi Aplikasi Informasi Keuangan atau SIAPIK yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk membantu UMKM dalam menyusun laporan Keuangan yang sesuai standar melalui media digital, ” ujarnya.

Dalam paparan nya, Juda menjelaskan ada tiga strategi memperkuat literasi keuangan digital, pertama menciptakan kerangka keuangan digital secara masif, terstruktur dan mempunyai target, kedua memperkuat sistem perlindungan kepada para konsumen dan yang ketiga adalah bersinergi dan adanya kolaborasi secara pentaheliks antara pemerintah, regulator, penyelenggara jasa keuangan, pada akademis dan masyarakat umum. (Rk).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *