JAKARTA | Informasi TV- Industri Fashion di Indonesia kembali ada geliatnya setelah 2 tahun melewati pandemi. Hal ini terbukti dengan diadakannya acara Indonesia Fashion Week, yang merupakan pameran fashion terbaik di tanah air kita.

Acara diadakan dari 22 Februari sampai 26 Februari 2023, bertempat di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Opening Ceremony diadakan hari Rabu (22/02/2023), pukul 10.30 wib, di convention Hall JCC.

Tema, “Sagara dari Timur”,mengambil dari daerah Gorontalo. Acara secara hybrid dan online. Sebanyak 400 tenant, 200 designer yang mengisi event IFW 2023

Beberapa tamu yang hadir dalam acara opening antara lain Menparekraf Sandiaga Uno, ketua Muri Jaya Suprana, presiden IFW Poppy Darsono, dan beberapa pejabat negara, kedubes negara sahabat serta para pelaku mode dan fashion di Indonesia.

Presiden Indonesia Fashion Week dan juga dari Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia, Designer Poppy Darsono, “Saya ingin mengucapkan Terima kasih kepada semua tamu dan menyaksikan 10 tahun IFW. Perjalanan ini sebagai bentuk turut serta kami dalam industri di Indonesia.”

“Kami juga bekerjasama dengan pemerintah daerah sehingga mampu memperkuat usaha di bidang ekonomi kerakyatan. Rakyat Indonesia memiliki hasil karya dalam industri kreatif. Dengan kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah provinsi Gorontalo, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan juga semua pihak yang sudah mendukung acara ini, ” ujarnya.

“Insan fashion berusaha tetap bergairah dan berkreasi menggerakkan UKM di Indonesia. IFW 2023 didukung penuh pemerintah daerah Gorontalo. IFW 2023 bekerja sama dengan industri UKM di Gorontalo dan mengangkat industri kreatif di Gorontalo, ” pungkas Poppy.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, “Saya mengucapkan selamat datang kepada semua tamu yang hadir, dari pemerintah daerah, para perwakilan kedubes, kepala dinas pariwisata ekonomi kreatif, para sponsor yang hadir dalam acara ini.”

“Ekonomi kreatif kita menjadi penyumbang kontribusi PDB ekonomi kreatif sebanyak 7,4  persen.

“Target Sektor Pariwisata antara lain NIlai devisa US$ 2,7-5,95M, Nilai ekspor ekonomi kreatif US$26,46M, jumlah Wisata Mancanegara 7,4 Juta, Kontribusi PDB Pariwisata 4,10 persen, Nilai tambah ekonomi kreatif Rp.1279T, wisatawan Nusantara 1,4 juta.”

“Semoga IFW terus mengembangkan diri dengan menambahkan kualitas dalam penyelenggaraan IFW kedepan nya,” ujar Sandiaga.

Kata sambutan dari Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan melalui video online, “Kita dorong kolaborasi, bangkitkan ekonomi fashion bagi perdagangan di Indonesia sesuai tema, Sagara dari Timur, “ujar Zulkifli.

Menteri pendidikan dan Riset Teknologi, Nadiem Makariem, “Kami menyambut IFW dan juga mengajak para murid di bidang pendidikan formal dan informal. Serta mengangkat pendidikan fashion di Indonesia dan industri Fashion di Indonesia, ” ujar Nadiem.

Jaya Suprana, “Saya berani mengatakan bahwa adibusana Indonesia tidak kalah dengan negara-negara didunia ini. Saya sangat terharu dan kagum atas acara ini, ” puji Jaya Suprana.

Acara kemudian dibuka secara simbolik dan juga sesi foto bersama para tamu utama yang hadir. Juga menampilkan icon IFW serta peragaan busana dari beberapa designer Agus Lahinta, Priya by Dana Duriyatna, yang berkolaborasi dengan Dekranasda Provinsi Gorontalo, menampilkan motif corak budaya lokal Indonesia. (ES).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *