Jakarta  | Informasi TV – Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus akan melakukan sejumlah kegiatan di hari kedua kunjungannya ke Indonesia hari ini, Kamis (5/9).
.
Berdasarkan jadwal yang dibagikan tim panitia, Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan ke Masjid Istiqlal, Jakarta, pada pagi hari.
.
Dalam kunjungan itu, Paus Fransiskus akan menggelar pertemuan antaragama dan menyampaikan pidato.
.
Setelah dari Istiqlal, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Di sana, pemimpin umat Katolik akan bertemu dengan Penerima Manfaat Organisasi Amal.
.
Menuju malam, Paus Fransiskus akan menggelar misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).
.
Paus Fransiskus akan memimpin sekitar 80 ribu umat Katolik saat misa berlangsung. Ia bahkan akan menyapa langsung puluhan ribuan umat Katolik dengan berkeliling di dua stadion GBK menggunakan mobil Maung MV3 buatan Pindad.
.
Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo mengatakan nantinya umat Katolik akan mengisi dua stadion GBK yakni Stadion Utama dan Stadion Madya.
.
“Stadion Utama akan diisi 60 ribu umat dan Stadion Madya ada 26 ribu yang kebanyakan adalah komunitas pendidikan, anak sekolah, mahasiswa, guru dan dosen pendamping,” kata Suharyo di Gereja Katedral Jakarta, Rabu (4/9).
.
“Paus akan datang dengan mobil terbuka yang sudah disiapkan oleh PT Pindad, Maung. Itu akan keliling di Stadion Madya dan Paus akan memberkati komunitas pengajar, setelah itu beliau akan menuju Stadion Utama, keliling juga menyapa umat yang hadir dan akan melaksanakan Misa jam 17.00 sore,” lanjutnya.
.
Paus Fransiskus akan memimpin Misa Suci atau Perayaan Ekaristi di GBK pada Kamis esok. Perayaan tersebut akan dimulai pada pukul 17.00 WIB.
.
Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI menyampaikan umat Katolik bisa mengikuti perayaan Misa Suci bersama Paus Fransiskus dengan menggunakan tiket gelang.
.
Bagi yang mengikuti perayaan Misa Suci di GBK, Komsos KWI mengimbau agar mempertimbangkan waktu perjalanan karena gerbang akan dibuka mulai pukul 12.00 WIB dan ditutup pada pukul 15.30 WIB.
.
Untuk akses masuk sendiri dapat melalui Plaza Utara, Plaza Timur, dan Plaza Tenggara.
.
Umat Katolik juga diimbau untuk menggunakan transportasi umum. Sebab tak ada parkir yang disiapkan di dalam area GBK bagi yang menggunakan kendaraan pribadi.
.
Kegiatan Misa Suci ini merupakan bagian dari kunjungan apostolik Paus Fransiskus di Republik Indonesia (RI) selama 3-6 September 2024.
.
Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya di Asia-Pasifik. Ia berikutnya akan melawat ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.
.
Ini merupakan kunjungan Paus ke RI yang pertama dalam 35 tahun setelah kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada 1989 silam. Kedatangan Paus Fransiskus pun begitu dinanti-nanti, terutama oleh umat Katolik Indonesia.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *