JAKARTA | Informasi TV. Jumat (05/01/2024). Poros Alternatif yang telah kita kenal sebagai barisan aliansi dari berbagai elemen masyarakat, kembali menggelar podcast dalam rangka membuka cakrawala berpikir dan upaya mencerdaskan anak bangsa melalui edukasi podcast untuk yang kesekian kalinya, pada hari umat (5/1/2024)yang diselenggarakan di Cafe KopiLojik Tebet.

Dalam kesempatan ini Poros Alternatif melalui Rumah Demokrasi Poros Alternatif menggelar podcast dengan konsep interaktif dimana menitik beratkan kepada interaksi antara narasumber dengan audiens yang ada, sehingga terjalin komunikasi dua arah antara tokoh narsum dengan masyarakat sebagai audiens, yang dalam acara kesempatan kali ini membahas subjek opini terkait Hukum, Politik dan Sosial Kemasyarakatan dengan Tema :

MENAKAR KAPABELITAS CALON PEMIMPIN Dan WAKIL RAKYAT, VISI, MISI atau HALUSINASI ??

Podcast yang dilaksanakan secara interaktif ini bertujuan menggali animo masyarakat dan sekaligus penguatan opini serta pola pikir masyarakat sebagai subjek yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dimata hukum, politik, serta sosial maupun ekonomi, sehingga diharapkan tidak akan ada lagi pemikiran dimana rakyat hanya menjadi objek kepentingan atau bahkan objek penderita oleh kelompok kekuasaan maupun politik, dengan menampilkan beberapa narasumber yang diantaranya, sosok politikus muda potensial Avner Kadriatama dari Partai Golkar, Mayjend TNI (Purn) H. Tatang Zaenudin ( mantan Deputi Operasi Basarnas), serta Muhamad Kadafi SH.MH (Praktisi Hukum dari Partai Demokrat). Podcast Rumah Demokrasi Poros Alternatif ini dalam rangka dan upaya mencerdaskan anak bangsa dalam ikut menjaga stabilitas politik dan keamanan juga jiwa nasionalisme, hal ini sekaligus menjadi sebuah Soft Campaign dengan menyisir pemahaman kaum milenial khususnya sebagai pemilih pemula maupun masyarakat umum yang dilakukan secara sistematis sesuai intelektualitas dan situasional serta karakteristik sebagai segmentasinya, dengan target menciptakan Politik Cerdas, Gembira, Sejuk dan Damai serta Nasionalis

Selain paparan dari narasumber, moderator podcast Andy Boxer melemparkan beberapa pertanyaan secara substantif dan random kepada para narasumber.

Dalam kesempatan tanya jawab sebagai materi podcast hari ini, Andy Boxer sebagai moderator menyampaikan beberapa pertanyaan yang substansinya lebih menekankan kepada beberapa subjek diantaranya Kedaulatan, Hukum hingga Politik dan Keamanan masyarakat, Andy Boxer melayangkan pertanyaan dalam 3 point dasar tersebut.

-) Apakah kepiawaian berbicara dalam beretorika lebih utama dari pada pengalaman lapangan ?
Dalam menjawab pertanyaan ini, figur politisi muda Partai Golkar Avner Kadriatama mengatakan, bahwa kepandaian merangkai bahasa harus diimbangi dengan implementasi lapangan dan harus mampu menciptakan pola pikir yang positif bagi warga bangsa bukan sebaliknya justru menciptakan gap dan resistensi diantara sesama anak bangsa, pemikiran visioner sesuai logika dan kultur serta menciptakan kebersamaan dalam kebhinekaan harus dikuatkan melalui implementasi lapangan sesuai kebutuhan, situasi, kondisi serta kultur bangsa Indonesia yang seutuhnya dan sebenarnya, sehingga mampu menciptakan kesejukan, perdamaian dan soliditas dalam bingkai persatuan dan kesatuan bangsa bukan menumbuhkan perpecahan dan pengkotak-kotakan diantara golongan dan atau kelompok masyarakat, hal tersebut dikuatkan juga olah pandangan dan pemikiran tokoh militer Jawa Barat Mayjend TNI (Purn) H. Tatang Zaenudin yang menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan.

Kemudian dalam pertanyaan selanjutnya,
-) Saatnya yang muda yang berkarya dan memimpin !!
Apa tanggapan masyarakat, kaum muda dan tokoh senior negara !?

Dalam hal ini tokoh sepuh militer Jawa Barat Mayjend TNI (Purn) H. Tatang Zaenudin mengatakan, negara harus memberikan ruang dan kesempatan yang seluas-luasnya kepada generasi muda untuk ikut berperan serta dalam segala bidang dan sektor termasuk sektor politik, agar generasi muda paham situasi dan kondisi serta aturan konstitusi maupun tahapannya, ini menjadi sebuah proses pendewasaan diri serta menanamkan rasa memiliki kepada generasi muda penerus bangsa terhadap negaranya.

Dipertanyaan terakhir,
-) Bagaimana menempatkan kepentingan negara, partai, dan pribadi ditinjau dari aspek hukum, politik dan sosial kemasyarakatan ?
Para narasumber sepakat menempatkan kepentingan negara menjadi sebuah hal yang utama bagi segenap anak bangsa, dan sektor hukum harus menaungi hak dan kepentingan bersama secara berkeadilan dalam kata lain supremasi hukum harus ditegakkan secara utuh tanpa membeda-bedakan strata sosial individu.

Yang kemudian dilakukan sesi tanya jawab antara narasumber dengan audiens yang secara umum dapat disimpulkan pertanyaan audiens berharap banyaknya lahir para pemimpin muda yang memiliki karakter serta integritas dan keberpihakan kepada rakyat, dimana semua hal tersebut disepakati oleh para narasumber, dan beberapa pertanyaan lainnya terkait teknis serta dukungan kepada para narasumber untuk menjadi pemimpin dan legislator yang akan datang sebagai upaya regenerasi menuju Indonesia Maju, disertai harapan agar Poros Alternatif melalui Rumah Demokrasi nya melanjutkan agenda podcast lainnya yang edukatif demi menciptakan kecerdasan berpikir para anak bangsa sehingga tidak akan ada lagi gaya politik transaksional yang justru akan menghilangkan hak masyarakat sebagai rakyat yang berdaulat dan pemilik negara yang sah sesuai amanah konstitusi UUD’45 karena terikat oleh transaksi politik yang mengikatnya sehingga lunturlah nilai-nilai demokrasi yang sebenarnya karena kepentingan dan keuntungan kelompok maupun kekuasaan. (Ril/jn).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *