Jakarta | Informasi TV – Pameran produk unggulan hasil pertanian, makanan dan minuman olahan, teknologi Agrofood Expo bersama FoodDrink Expo dan Ketahanan Pangan Indonesia Expo sudah diselenggarakan mulai dari 10-13 Agustus 2013 di Hall A JIEXPO Kemayoran Jakarta.
.
Pameran ini menghadirkan sekitar 100 pelaku usaha di sektor agribisnis, agro industri, BUMN, Swasta, pemerintahan daerah dan sejumlah asosiasi diantaranya Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia/Gapmii, Masyarakat Pertanian Organik Indonesia/Maporina, Himpunan Kerukunan Tani Indoensia/HKTI, Cofee Lover Indonesia dan Artisan Tea.
.
Dan salah satu peserta pameran ini adalah dari Provinsi Papua Barat yang memperlihatkan dan menjual hasil panen pertanian di daerahnya.
.
Benediktus Heri Wijayanto selaku kabid Perkebunan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Provinsi Papua Barat mengatakan ;” Pada pameran ini memperkenal hasil dari pertanian kita seperti pala dari kabupaten Fak- fak, kopi dari pegunungan Arfak, kakao dari kabupaten Manokwari Selatan , kelapa dari daerah pesisir pantai dan untuk sagu kita dari hampir dari semua daerah di papua”, ujar Benediktus yang ditemui oleh awak media di stand Papua Barat, Jumat(10/08/2023).
.
Untuk produksi kita dari tahun ke tahun mengalami ada peningkatan terutama untuk produk-produk unggulan mendapat perhatiaan dari pemerintah mulai dari hulu ke hilir, ungkapnya.
.
Dulu kita hanya mengenal sagu tetapi saat sagu kita mulai dibuat jauh lebih baik dari mulai pengemasannya dan masih banyak lagi yang akan terus kami bina dan latih untuk pengembangan dari produk sagu, kata Benediktus.
.
Hambatan kami saat ini terkendala pada saat kami ini memberikan binaan pelatihan itu ada seperti lokasinya jauh, kebiasaan petani yang masih tradisional dalam skill mereka bertani
.
Saya berharap semoga adik-adik kita petani sebagai kreatif pertanian ini, mereka bisa memiliki network dan bisa memperlajari produk-produk UMKM dari provinsi lain dari saling bertukar pikiran dan bertukaran nomor kontak untuk terus menjalin komunikasi, tuturnya. (RK)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *