JAKARTA | Informasi TV – Jum’at (09/06/2023), pukul 14.00 wib, bertempat di Balaikota Provinsi DKI Jakarta, diadakan Kongres pertama Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi. Acara tersebut merupakan wadah bersatunya badan musyawarah Betawi yang sekarang menjadi satu wadah dalam Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi.

Acara berlangsung hadirnya beberapa tamu penting, yang juga tokoh Betawi, diantaranya mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Mayjen (purn) TNI Eddie Marzuki Nalapraya, Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi Dr. Marullah Matali, dan masih banyak lagi tokoh Betawi yang hadir dalam acara Kongres tersebut.

Dalam kata sambutan nya, Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi Dr. Marullah Matali, “Hari ini kaum Betawi bahagia, karena Gubernur mengundang kita untuk berkongres, menjadi tanda Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru mau menerima kami. Kongres akan berlangsung dari hari ini sampai besok Sabtu (10/06/2023) yang berlangsung di Candi Bentar, Ancol, Jakarta Utara. Dalam Kongres ini hadir semua tokoh dan sesepuh kaum Betawi. Kami saat berharap dan mendapat bimbingan dari pj. Gubernur DKI Jakarta.”

“Harapan kaum Betawi, kongres ini mengambil tajuk, ” Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju”. Kaum Betawi sesuai sensus 30 persen yang menempati DKI Jakarta. Perkembangan jaman yang maju, kami bersama-sama Gubernur DKI Jakarta memajukan kota kita tercinta ini, membangun Jakarta sukses untuk Indonesia, ” ujar Marullah.

Ketua Panitia Kongres, H. Riano P. Ahmad, dalam kata sambutan nya mengatakan, ““Kami juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Pj. Gubernur, Ketua DPRD DKI Jakarta, pihak Taman Impian Jaya Ancol, dan dinas-dinas terkait yang telah membantu terselenggaranya Kongres ini,” tutup Riano P. Ahmad.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono dalam kata sambutan mengatakan, “Saya memberikan apresiasi kepada MAPKB. Jakarta sedang bertransformasi menjadi kota bisnis, kaum Betawi diharapkan mendukung dan bersinergi dengan kami Pemda DKI Jakarta. Rekomendasi hasil Kongres menjadi masukan untuk kami untuk memajukan kebudayaan lokal Betawi. Secara resmi Kongres Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB) dibuka,” ujar Gubernur Heru.

Dengan berakhir kata sambutan dari Pj Gubernur DKI Jakarta, maka Kongree Pertama MAPKB secara resmi dibuka.

Disisi lain, ketua Umum Lembaca Macan Kemayoran Jakarta Pusat Haji Abdul Rasyid ;”
Saya berharap dalam kongres nanti semua tokoh betawi kita semua menyatuh dengan tali silaturahmi karena Betawi tidak boleh terpisah pisah, intinya harus semua harus Betawi harus bersatu”, ujarnya

“Ini adalah sebuah monumen yang dibangun demi anak cucu kedepan” kata Jalih Pitoeng.

Salah satu tokoh Betawi Bang Jalih Pitoeng yang hadir pada pembukaan Kongres Kaum Betawi menyampaikan rasa syukurnya.

“Saya selaku anak Betawi sangat bahagia sekaligus Bangga dengan lahir nya Majelis Kaum Betawi” lanjutnya.

“Semoga Majelis Kaum Betawi ini menjadi rumah besarnya orang Betawi. Tempat berteduh, mengeluh sekaligus menyelesaikan semua persoalan yang ada ditanah Betawi”

(RK).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *