JAKARTA | Informasi TV  – Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Jakarta Barat bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Jakarta Barat mengadakan Talkshow Smart Financial secara Hybrid. Tema talkshow “Building Good  WealthWealth for The Lawyer and How Financial Planning Manage It.”

Acara diadakan pada hari Jumat (17/03/2023), pukul 15.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB, bertempat  Grand Slipi Lantai 8, Slipi, Jakarta Barat.

Sebagai Opening Remarks, Wakil Ketua DPC Peradi Jakarta Barat, Riyo Hanggoro Prasetyo SH., MH., M.Kn.; Novi Silvia, SH., MH., CFP., CCD, QWP, AEPP, QLP sebagai Financial Mentor; Steven Frederick, SH., MKn., CLA, CFP, QWP sebagai moderator.

Wakil Ketua DPC Peradi Jakarta Barat, Riyo Hanggoro Prasetyo, SH., MH., Mkn., “Saya ucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara ini. Saya mewakili Ketua DPC Peradi Jakarta Barat, Saya ucapkan selamat datang dan bergabung dalam acara Talkshow Smart Financial. Kami berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada panitia yang mempersiapkan acara hari ini.”

“Pekerjaan Advokat seolah-olah hanya berputar permasalahan hukum saja, hanya keahlian mengenai hukum saja. Namun pemahaman mengenai finance juga harus diketahui. Financial skill bagi seorang Advokat harus betul-betul dimiliki dan juga keahlian tambahan dalam proyek praktek Advokat yang bersinggungan dengan masalah finance.”

“Kita beruntung dengan mengundang pembicara Novi Silvia, yang akan menerangkan mengenai memanage masalah financial. Melalui talkshow financial ini, bisa mengembangkan bisnis mengenai profesi Advokat,” ujarnya.

Dalam paparan nya, Novi Silvia memaparkan mengenai Financial Planning Manage.” Profesi Advokat adalah profesi yang sangat mulia atau Officium Nobile. Financial Planning tidak lepas dari siklus kehidupan manusia. Masa manusia dimulai dari lahir hingga tua, pastinya membutuhkan uang. Adanya jarak atau gab antara literasi dan inklusi keuangan, ” paparnya.

“Literasi Keuangan adalah cara mengelola keuangan, sedangkan inklusi keuangan adalah ketersediaan akses pada berbagai produk keuangan. Financial Planning adalah berbicara tentang uang hari ini dan masa depan.”

“Financial goal terbagi menjadi tiga, short, medium dan long term. Advokat sangat perlu financial planning adalah income dinamis, independent personal branding, life risk dan financial risk manage by own dan building financial, ” paparnya.

“Kita bisa dan harus merencanakan keuangan kita, financial planning agar bisa menikmati financial freedom. Para sahabat Advokat harus juga memiliki emergency fund. Kita juga harus membedakan “need” (kebutuhan dasar yang diperlukan) dan “want” (kebutuhan yang diinginkan), ” paparnya.

Setelah paparan selesai, acara talkshow Smart Financial dilanjutkan dengan sesi Question and Answer antara narasumber dengan peserta yang mengikuti Talkshow baik secara offline dan online.

Diharapkan Advokat bisa mengatur financial planning untuk kehidupan pribadinya, juga selain untuk survive bagi diri sendiri, juga mengaktualisasikan diri agar mengerti financial dan juga bisa diimplementasikan juga dalam bidang hukum nantinya. (Rk).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *