JAKARTA | Informasi TV – Gempa Bumi yang melanda Cianjur beberapa waktu lalu masih menyisakan kesedihan yang sangat mendalam. Jumlah korban jiwa meninggal yang hingga saat ini, Selasa (29/11/2022) berjumlah 327 korban jiwa, belum lagi yang luka-luka parah dan trauma akibat gempa di Cianjur.

Korban gempa banyak kehilangan harta benda mereka. Warga Cianjur sangat membutuhkan bantuan uluran tangan dari masyarakat yang ingin membantu penderitaan mereka.

Banyak pihak yang memberikan bantuan, baik moril maupun materil. Dari berbagai penjuru, datang ke Cianjur dan mendirikan posko-posko penyaluran bantuan, sehingga masyarakat korban gempa Cianjur bisa menerima langsung bantuan.

Salah satunya adalah DPN Perhimpunan Advokat Indonesia atau Peradi dibawah kepemimpinan Prof. Dr Otto Hasibuan, S.H., M.M. Dalam kegiatan sosial Peradi bertema Peduli Cianjur ini Otto Hasibuan bersama para pengurus DPN Peradi dan rombongan berangkat dari Gedung Peradi Tower, di Jalan Ahmad Yani No. 116, Jakarta Timur untuk memberikan bantuan kepada para korban gempa Cianjur.

Tim Peradi saat di lokasi memberikan bantuan.

Rangkaian kegiatan penyerahan bantuan Peradi Peduli Cianjur diawali dengan kunjungan ketum Peradi, Otto Hasibuan yang didampingi pengurus DPN Peradi ke kantor DPC Peradi Cianjur yang terletak di Jalan Dr Muwardi No. 178A Cianjur.

Pada kesempatan tersebut, Peradi juga menyerahkan sejumlah bantuan melalui DPC Peradi Cianjur yang merupakan Posko Peduli Gempa Cianjur.

Kemudian rombongan Peradi Otto Hasibuan juga menyambangi rumah anggota DPC Peradi Cianjur, Dr Yudi Junadi, SH. Dan anggota DPC Peradi Bandung Endang Heryana,SH.,MH yang terdampak gempa.

Peradi Peduli Cianjur dilanjutkan dengan mengunjungi Markas Kodim 0608 Cianjur yang berlokasi di Jalan Siliwangi No.47. Setelah itu, rombongan bertemu Wakil Bupati Cianjur Tb Mulyana Syahrudin. Setelah itu, rangkaian kegiatan Peradi Peduli Cianjur dengan mengunjungi warga korban gempa Cianjur di lokasi pengungsian di Taman Perwatasari Joglo.

Otto Hasibuan pun memberikan pesan penyemangat kepada para korban. Rumah boleh hancur tetapi hati tidak boleh hancur. Percayalah Tuhan pasti akan menolong kita untuk bisa bangkit dan pulih dari musibah yang menimpa kita,” pesan Otto Hasibuan.

Otto Hasibuan melanjutkan kunjungannya di lokasi pengungsian Taman Perwartasari Joglo dengan menyambangi sejumlah warga korban gempa Cianjur yang berada di dalam tenda.

Otto Hasibuan juga memberikan apresiasi kepada para rekan sejawatnya para Advokat yang ikut serta dalam Peradi Peduli Cianjur. “Saya sangat terharu ternyata para advokat ini luar biasa. Memberikan perhatian yang sangat baik kepada para korban gempa Cianjur, “ tutur Otto Hasibuan.

Hadir juga dalam rombongan, para pengurus dari DPC Peradi Jakarta Barat. Ketua  DPC Peradi Jakarta Barat, Suhendra Asido Hutabarat, S.H., S.E., M.M., M.H.. Asido menyampaikan bahwa DPC Peradi Jakarta Barat telah mempersiapkan untuk menyalurkan bantuan, sehingga Ketika DPN Peradi mengumumkan akan menyalurkan bantuan maka DPC Peradi Jakarta Barat bergabung dengan rombongan DPN Peradi. Peradi dibawah kepemimpinan Prof Otto Hasibuan memiliki kepedulian terhadap sesama, dengan 170 lebih DPC diseluruh Indonesia turut aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan, DPC Peradi Jakarta Barat juga saat erupsi gunung Semeru pada bulan Desember 2021 hadir langsung ke lokasi di Jawa Timur untuk menyalurkan bantuan dan bertemu korban erupsi gunung Semeru. “Rombongan DPC Peradi Jakarta Barat yang datang dari Jakarta untuk bergabung dengan DPN Peradi menyalurkan bantuan di Cianjur ada sekitar 15 orang,” ujar Asido.

Erdi Sutanto, S.H.,M.H. selaku ketua pelaksana penyaluran bantuan DPC Peradi Jakarta Barat menyampaikan bahwa Advokat harus peka dalam misi sosial dan kemanusiaan, karena Advokat disebut sebagai officium nobile tidak saja diwujudkan dalam profesi yang terhormat dan mulia terkait menangani perkara tapi juga kepedulian untuk membantu dan menolong sesama manusia termasuk korban yang terkena bencana alam. (Ril/JN).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *